KEBIJAKAN FISKAL Studi Bentuk Kebijakan Makroekonomi Model Ekonomi Islam

  • Ahmad Taufiq Buhari
Kata Kunci: Kebijakan Fiskal Islam

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Islam memandang dan mengatur masalah kebijakan Fiskal serta mendeskrepsikan kebijakan fiskal baik ditinjau dari ekonomi konvensional maupun  ekonomi Islam, sebagai perwujudan dari pada salah satu institusi ekonomi Islam.

Adapun tujuan dan fungsi yang paling penting dalam sistem keuangan fiskal dalam ekonomi Islam adalah  mencapai kelayakan/kesejahteraan yang menyeluruh dengan terwujudnya tingkat kesempatan kerja (full-employment) tingkat pertumbuhan ekonomi yang optimum, keadilan sosio-ekonomi dengan pemerataan hasil pembangunan (pendapatan), stabilitas Nilai Tukar sehingga memungkinkan medium of exchange dapat digunakan sebagai suatu perhitungan, menekan laju inflasi, serta stabilitas dan mobilitas ekonomi yang tinggi.

Jika ekonomi konvensional lebih menitikberatkan kebijakan fiskalnya pada pungutan pajak, pengenaan tarif cukai dan subsidi, maka ekonomi Islam telah merancangnya jauh lebih maju. Disamping ketiga hal tersebut diakui dan pernah diberlakukan dengan dlaribah, jizyah dan ushur, namun diluar itu masih ditemukan partisipasi publik lainnya, yang dalam skala makro akan menaikkan pendapatan negara secara agregat. Bentuk partisipasi publik itu tampak dalam zakat, infak, wakaf, ghanimah, dan kharaj.

Diterbitkan
2019-06-21
Bagian
Articles